Rabu, 16 Januari 2013

Biografi Singkat 4 Khalifah Rasyidin (1)




Abu Bakar Ash-Shiddiq -radhiyallahu 'anhu-
Namanya : 'Abdullah bin Abu Quhafah 'Utsman bin 'Amir bin 'Amr bin Ka'ab bin Sa'ad bin Taim bin Murrah bin Ka'ab bin Lu'ay Al-Qurasyi At-Tamimi, masyhur dengan kunyahnya Abu Bakar. Khalifah Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam
Ayahnya : Abu Quhafah 'Utsman bin 'Amir
Ibunya : Ummu Khair Salma binti Shakhr bin 'Amir

Julukan :
- 'Atiq yang berarti tampan. Al-Hafizh Ad-Daulabi meriwayatkan dengan sanadnya hingga Az-Zuhri dan 'Aisyah yang menyebutkan bahwa nama beliau adalah 'Atiq.
- Ash-Shiddiq yang berarti yang membenarkan. Karena beliaulah orang yang pertama kali membenarkan Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam atas peristiwa Isra' Mi'raj beliau hingga Sidratul Muntaha.
Beliau dilahirkan pada tahun 51 sebelum Hijrah atau 2 tahun 6 bulan setelah tahun Gajah. Termasuk As-Sabiqunal Awwalun yaitu orang-orang yang pertama kali masuk Islam, dan menyusul beliau masuk Islam adalah tokoh-tokoh besar Quraisy seperti 'Abdurrahman bin 'Auf, Sa'ad bin Abi Waqqash, 'Utsman bin 'Affan, Az-Zubair bin Al-Awwam, Thalhah bin 'Ubaidillah dan lain-lain -radhiyallahu 'anhum-.

Ciri-ciri fisik :
Ibnu Sa'ad dalam Thabaqahnya meriwayatkan dari 'Aisyah bahwa ayahnya mempunyai kulit putih, berwajah tampan, bertubuh kurus, tipis pelipisnya dengan dahi yang menonjol, matanya hitam dan sering mewarnai janggutnya dengan hinaa dan katm, ia tidak bisa bersajak.

Istri-istri dan anak-anak beliau :
- Pada masa jahiliyah, beliau menikahi Qutailah binti 'Abdul 'Uzza. Dari pernikahan ini lahir 'Abdullah dan 'Asma'.
- Ummu Ruman binti 'Amir bin Uwaimir. Dari pernikahan ini lahir 'Abdurrahman dan 'Aisyah.
- 'Asma' binti Umais bin Ma'ad bin Taim. Dari pernikahan ini lahir Muhammad pada Haji Wada di Dzulhulaifah.
- Habibah binti Kharijah bin Zaid dari bani Harits bin Al-Khazraj.

Keutamaan-keutamaan Abu Bakar :
Keutamaan-keutamaan beliau sangat banyak. Allah Ta'ala berfirman :
Jikalau kamu tidak menolongnya (Muhammad) maka sesungguhnya Allah telah menolongnya (yaitu) ketika orang-orang kafir (musyrikin Mekah) mengeluarkannya (dari Mekah) sedang dia salah seorang dari dua orang ketika keduanya berada dalam gua, di waktu dia berkata kepada temannya: "Janganlah kamu berduka cita, sesungguhnya Allah beserta kita." [QS At-Taubah : 40].
'Aisyah, Abu Sa'id Al-Khudri dan Ibnu 'Abbas menafsirkan bahwa yang dimaksud ayat ini adalah Abu Bakar yang menemani Nabi berhijrah.
dari Ibnu 'Abbas radhiyallahu 'anhuma dari Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Seandainya aku diperbolehkan menjadikan diantara ummatku sebagai kekasih pastilah aku pilih Abu Bakar. Akan tetapi dia hanyalah saudaraku sekaligus sahahabatku". [HR Bukhari no. 3383]
dari Muhammad bin Jubair bin Muth'im dari ayahnya, ia berkata; "Ada seorang wanita datang menemui Nabi shallallahu 'alaihi wasallam lalu beliau memerintahkan wanita itu agar kembali di lain waktu. Lalu wanita itu bertanya; "Seandainya aku datang nanti tapi tidak menemukan baginda?". Wanita itu sepertinya berkata tentang kematian (khawatir bila menjemput beliau). Maka beliau shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Jika kamu tidak menemukan aku lagi, maka temuilah Abu Bakar". [HR Bukhari no. 3386]
dari Aisyah dia berkata; Pada suatu hari, ketika Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam sakit, beliau bersabda kepadaku, Panggillah Ayahmu Abu Bakar dan saudara laki-lakimu ke sini, agar aku buatkan sebuah surat (keputusan khalifah). Karena aku khawatir jika kelak ada orang yang ambisius dan berkata; Akulah yang lebih berhak menjadi khalifah. Sementara Allah dan kaum muslimin tidak menyetujuinya selain Abu Bakar.' [HR Muslim no. 4399].
Masa kekhalifahan Abu Bakar berjalan selama 2 tahun 3 bulan. Beliau wafat pada Jumadil Akhir tahun 13 H setelah mengalami sakit demam selama 15 hari. Beliau wafat pada usia 63 tahun. Semoga Allah Ta'ala meridhai beliau atas jasa-jasa beliau pada Islam.
Zadanallahu 'ilman wa hirsha. Allahu a'lamu bishawab.

Sumber :
- Al-Kuna wa Al-Asma' karya Al-Hafizh Abu Bisyr Ad-Daulabi
- Al-Ishabah fi Tamyiz Ash-Shahabah karya Al-Hafizh Ibnu Hajar Al-Asqalani
- Tarikh Al-Kabir karya Al-Imam Muhammad bin Isma'il Al-Bukhari
- Al-Bidayah wa An-Nihayah karya Al-Hafizh Abul Fida' Ibnu Katsir Ad-Dimasyq

5 komentar:

  1. assalamualaikum lek,, kunjungi blog saya ya,, biar saling berbagi

    http://coretanjunong.blogspot.com/p/coretaneconomic.html

    follback dan comment ya

    BalasHapus
  2. terimakasih artikelnya... kunjungi blog saya juga ya.. biar saling kenal
    www.iqbalsayap.blogspot.com

    BalasHapus

Jangan lupa tinggalkan komentar anda disini dan gunakan kata-kata yang baik dalam berkomentar
dan saya menolak debat kusir
terima kasih

 
Back To Top