Selasa, 20 Maret 2012

Cinta Kepada Allah, Itulah yang Hakiki



Cinta bagaikan lautan, sungguh luas dan indah. Ketika kita tersentuh tepinya yang sejuk, ia mengundang untuk melangkah lebih jauh ke tangah, yang penuh tantangan, hempasan dan gelombang dan siapa saja ingin mengarunginya. Namun carilah cinta yang sejati, di lautan cinta berbiduk taqwa berlayarkan iman yang dapat melawan gelombang syaithan dan hempasan nafsu, insya Allah kita akan sampai kepada tujuan yaitu: cinta kepada Allah, itulah yang hakiki, yang kekal selamanya. 

Adapun cinta kepada makhluk-Nya, pilihlah cinta yang hanya berlandaskan kecintaan kepada Allah dan Rasul-Nya. Bukan karena bujuk rayu setan, bukan pula karena desakan nafsu yang menggoda. Cintailah Allah, berusahalah untuk menggapai cinta-Nya. Saling mencintailah karena Allah agar bisa mendapatkan kecintaan Allah. Dalam hadits Qudsi Allah berfirman: 

"Cinta-Ku harus Ku-berikan kepada orang-orang yang saling mencintai karena-Ku, Cinta-Ku harus Ku-berikan kepada orang-orang yang saling berkorban karena-Ku, dan Cinta-Ku harus Ku-berikan kepada orang-orang yang menyambung hubungan karena-Ku. Hiduplah di bawah naungan cinta dan saling mencintailah karena keagungan-Nya, niscaya akan mendapatkan naungan Allah, yang pada hari itu tidak ada naungan selain naungan-Nya." 

Dari Abu Hurairah, Rasulullah saw bersabda: 
Pada hari kiamat Allah berfirman: “Dimanakah orang-orang yang saling mencintai karena keagungan-Ku? Pada hari yang tiada naungan selain naungan-Ku ini, Aku menaungi mereka dengan naungan-Ku.” (HR. Muslim).

Bahkan Allah memuliakan mereka yang saling mencintai dan bersahabat karena Allah, yang membuat para nabi dan syuhada merasa iri terhadap mereka mereka.
Nasai meriwayatkan dengan sanad dari Abu Hurairah ra, Rasulullah bersabda:
" Di sekeliling Arsy, terdapat mimbar-mimbar dari cahaya yang ditempati oleh suatu kaum yang berpakaian dan berwajah cahaya pula. Mereka bukanlah para nabi atau syuhada, tetapi para nabi dan syuhada merasa iri terhadap mereka. Para sahabat bertanya, Wahai Rasulullah, beritahulah kami tentang mereka! Beliau bersabda, Mereka adalah orang-orang yang saling mencintai, bersahabat, dan saling mengunjungi karena Allah."

Do'a ku mohonkan :
"Ya Allah, kurniakanlah kepada kami Cinta terhadap-Mu dan Cinta kepada mereka yang mencintai-Mu, dan apa saja yang mendekatkan kami kepada Cinta-Mu, dan jadikanlah Cinta-Mu itu lebih berharga bagi kami daripada air yang sejuk bagi orang yang dahaga."

Akhirul qalam, tanyailah diri kita masing-masing:
1.      sudahkah aku menemukan cinta yang hakiki, cinta yang sejati dalam hidup ini?
2.      Sejauh mana aku mengenal-Nya, asma (nama)-Nya, sifat-sifat-Nya, 
kehendak-Nya, larangan-Nya?
3.      Seringkah aku mengingat-Nya, menyebut nama-Nya melalui zikir-zikir yang 
panjang?
4.      Seringkah aku mendekatkan diri kepada-Nya dengan sholat serta ibadah-ibadah 
lainnya?
5.      Seringkah aku merintih, mengadu dan mengharap kepada-Nya melalui untaian doa
yang keluar dari lubuk hati.
6.      Sudahkah aku mengikuti kehendak-Nya dan menjauhi larangan-larangan-Nya?
7.      Apakah aku mencintai seseorang karena-Nya atau karena doringan nafsuku 
sendiri?
8.      Sejauh mana aku berusaha untuk mengekang hawa nafsuku sendiri?


Wallahu a’lam

0 komentar:

Jangan lupa tinggalkan komentar anda disini dan gunakan kata-kata yang baik dalam berkomentar
dan saya menolak debat kusir
terima kasih

 
Back To Top