Selasa, 16 Juli 2013

Cara Menjawab Salam Kepada Orang yang Menyampaikan dan Mengirim Salam


Syaikhah Haifa’ bintu Abdillah Ar Rosyid
Al Hafidz Ibnu Hajar berkata dalam Fathul Bari (11/41): “Dan disukai untuk membalas (salam) atas orang yang menyampaikan.”
Imam Ibnul Qayyim berkata dalam Zaadul Ma’ad (2/427): “Dan termasuk petunjuknya shallallahu alaihi wa sallam, jika seseorang menyampaikan kepadanya salam dari orang lain, ia membalas kepadanya dan kepada orang yang menyampaikan.”
Dan yang demikian berdasarkan hadits yang diriwayatkan oleh Imam Abu Dawud (5231), Imam Ahmad (23104) dan Imam An Nasa’i dalam As Sunan Al Kubra (10133) “Bab: apa yang dikatakan jika dikatakan kepadanya: Sesungguhnya si Fulan menyampaikan salam kepadamu”.
Dan dari hadits seseorang dari Bani Numair (dan dalam Fathul Bari (11/41): dari Bani Tamim) dari Ayahnya dari Kakeknya bahwa ia mendatangi Nabi shallallahu alaihi wa sallam lalu ia berkata:
“Sesungguhnya ayahku menyampaikan salam kepadamu”, Nabi shallallahu alaihi wa sallam menjawab: “ ‘Alaika wa ‘ala abika as-salaam”.
Dan di dalam sanad hadits ini ada jahaalah (rawi yang tidak dikenal), akan tetapi Syaikh Al Albani menghasankannya.
Dan yang demikian telah ada dari perbuatan 2 istri Nabi shallallahu alaihi wa sallam, Khadijah radhiyallahu anhuma dan Aisyah radhiyallahu anhuma, dan Nabi shalallahu alaihi wa sallam mentaqrir (menyetujui) mereka berdua:
1.    Khadijah radhiyallahu anha : dari Anas radhiyallahu anhu ia berkata:
“Jibril datang kepada Nabi shallallahu alaihi wa sallam dan ada Khadijah di sisi Nabi, Jibril berkata: “Allah menyampaikan salam untuk Khadijah” Khadijah berkata : “Sesungguhnya Allah-lah As Salam, dan as salam atas Jibril dan engkau wa rahmatullah” ( HR Imam Hakim (4/175) , Imam Nasa’i dalam Al Kubra (10134), Imam Al Bazzar (1903), dan Imam Ath Thabrani dalam Al Kabir (23/15 no 25 dan 26)
Al Hafidz Ibnu Hajar berkata dalam Fathul Bari (7/172): “Dan dari hadits ini ada faidah membalas salam kepada orang yang mengirim salam dan kepada orang yang menyampaikan”.
2.    Dari Aisyah radhiyallahu anha, bahwa Nabi shallallahu alaihi wa sallam berkata kepadanya:
“Wahai Aisyah, ini Jibril menyampaikan salam kepadamu”, Aisyah menjawab: “ Wa ‘alaihis salaam wa rahmatullah wa barakaatuh, engkau (Nabi) melihat apa yang tidak aku lihat.” ( HR Imam Al Bukhari (3217) dan Imam Muslim (2447)
Akan tetapi ada tambahan pada Musnad Imam Ahmad (6/117) dari Aisyah radhiyallahu anha, ia berkata: aku jawab:
‘Alaika wa ‘alaihis salaam wa rahmatulloh wa barakaatuh”.
Al ’Allamah Al Albani berkata dalam catatan kaki Shahih Adabil Mufrad (hal 308-309) : “Sanadnya shahih”. Dan ini adalah tambahan yang penting dalam hadits ini.

Wallahu A’lam wa billahit Taufiq.
Al Washiyyah bi Ba’dhi As Sunan Syibhil Mansiyyah oleh Haifa bintu Abdillah Ar Rasyid. Dan kitab ini sudah diterjemahkan dalam judul "Sunnah- Sunnah Yang Dilupakan".


Dikutib dari catatan: Ustadz Abu Asma Andre

1 komentar:

Jangan lupa tinggalkan komentar anda disini dan gunakan kata-kata yang baik dalam berkomentar
dan saya menolak debat kusir
terima kasih

 
Back To Top