Kamis, 04 April 2013

Biografi Singkat Imam Al-Turmudzi





Nama lengkap ialah Abu Isa Muhammad bin Isa bin Surah bin Mus bin Al-Dhahak Al-Salami. Beliau diahirkan pada tahun 209 H dan meninggal pada malam selasa 13 Rajab taun 279 H di negeri Turmudz. Beliau adalah seorang ulama yang Alim dan Hafidz, yang keahliannya dalam disiplin ilmu fiqih sangat baik.
Beliau mengambil hadis dari beberapa imam hadis dan masih sempat bertemu dengan guru-guru hadis pada periode pertama, seperti Qutaibah bin Sa’id, Ishaq bin Musa, Mahmud bin Ghilan, Sa’id bin Abdu Al-Rahman, Muhammad bin Basyar, Ali bin Hujr, Ahmad bin Mani’, Muhammad bin Mutsanna, Muhammad bin Ismail Al-Bukhori dan masih banyak lagi yang lainnya.
Adapun orang-orang yang mengambil darinya adalah banyak sekali, di antaranya ialah Muhammad bin Ahmad bin Mahbub Al-Mahbubi, dan dari jalur inilah kitab Al-Jammi’ karya Al-Turmudzi diriwayatkan.
Kitab Al-Jami’
Kitab Al-Jami’ inilah yang mengantarkan imam Al-Turmudzi menjadi seorang imam hadis. Kitab ini merupakan karya besarnya yang populer yang diberinya judul Jami’u Al-Turmudzi atau Sunanu Al-Turmudzi. Imam Al-Hakim Abu Abdillah Al-Khatib Al-Baghdadi menyebutkannya dengan judul Al-Jami’u Al-Shahihu Li Al-Turmudzi atau Shahihu Al-Turmudzi. Kitab itu telah di beri judul Shahih dan telah di anggap Shahih pula.
Di dalam kitab tarikhnya, Ibnu Katsir telah meriwayatkan dari Al-Turmudzi, dia berkata: “Aku telah menyusun kitab Musnad yang shahih ini lalu aku tunjukkan kepada ulama Hijaz dan merek menyetujuhinya, lalu aku tunjukkan kepada ulama Irak dan mereka pun menyetujuhinya, kemudian aku tunjukkan kepada ulama Khurasan dan mereka pun menyetujuhinya. Maka, barangsiapa di dalam rumahnya terdapat kitab ini, seolah-olah di dalamnya ada seorang Nabi yang berabda.”
Reaksi:

0 komentar:

Jangan lupa tinggalkan komentar anda disini dan gunakan kata-kata yang baik dalam berkomentar
dan saya menolak debat kusir
terima kasih

 
Back To Top