Kamis, 27 Desember 2012

Hukum Orang yang Membaca Al-Quran Tanpa Tajwid




Seorang Imam di salah satu Masjid di daerah Riyadh bertanya kepada Syaikh Abdullah Ibn Baz rahimahullah, bahwa dia adalah seorang Imam yang masih lemah dalam tajwid dan ketika ia membaca Al-Quran banyak yang salah. Dia telah menghafal 3 juz dan beberapa ayat di surat-surat yang terpencar, sedangkan dia sangat khawatir atas tanggung jawab yang ia pikul. Dan dia meminta saran apakah dia terus menjadi Imam ataukah dia mengundurkan diri.
Maka Syaikh Menjawab : Anda harus berusaha menghafal ayat-ayat yang mudah dan memperbaiki bacaannya dan saya beri anda kabar gembira berupa kebaikan dan pertolongan dari Allah 'azza wa jalla, bila niat anda baik dan anda mengerahkan seluruh kemampuan anda untuk itu, karena Allah 'azza wa jalla berfirman:
(( وَمَنْ يَتَّقِ اللهَ يَجْعَلْ لّهُ مَخْرَجاً ))
"Barang siapa yang bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar". (Ath-Thalaq :2)
Dan Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda:
"Orang yang membaca Al-Quran dan mahir, dia bersama para Malaikat yang mulia lagi baik, sedangkan orang yang membaca Al-Quran sambil terbata-bata dan mengalami kesulitan maka dia mendapatkan dua pahala". (HR. Bukhari-Muslim)
Syaikh berkata : Kami tidak menyarankan ada untuk mengundurkan diri, namun kami mewasiatkan agar anda terus bersungguh-sungguh, sabar, tabah sampai anda berhasil dalam membaca Al-Quran dengan tajwid yang baik dan menghafal seluruhnya atau ayat-ayat yang mudah.
Semoga Allah 'azza wa jalla memberi anda taufik dan kemudahan.

3 komentar:

  1. wah, nice infonya gan
    ane biasanya kalo baca Qur'an biasanya tanpa tajwid
    paling yang ane pakai cuma qalqalah, sama ikhfa karena cuma itu yang ane tau

    komen back yah :
    http://viewatammarblog.blogspot.com/

    BalasHapus
  2. follow back gan. udah ane follow blog agan tuh yang ke 91
    http://viewatammarblog.blogspot.com/

    BalasHapus
  3. Jika kita sholat dan tidak tau lafadz yg benar apa, lantas qt tebak saja (saat baca surah pendek), apakah sholat qt menjadi batal?s

    BalasHapus

Jangan lupa tinggalkan komentar anda disini dan gunakan kata-kata yang baik dalam berkomentar
dan saya menolak debat kusir
terima kasih

 
Back To Top