Beliau seorang Ahli Hadits yang di gelari dengan Hafidznya
Maghrib, Abu Syu’aib bin Abdurrahman Ash-Shiddiqi Ad-dakkaly-Rahimahulloh- yang
wafat tahun 1354 H. Beliau seorang yang mempunyai kekuatan hafalan luar biasa,
ini bisa dilihat ketika masa beliau menghafal berbagai pelajaran di masa
mudanya . Beliau hanya memerlukan waktu satu hari
untuk menghafal Ajurumiyah, 10 hari untuk seribu bait Alfiyah, 14 hari untuk
menghafal Mukhtashar Al-Kholil, dan selanjutnya untuk setiap bait Alfiyah
beliau menguasai 10 syawahid dari syai’r-sya’ir arab yang dijadikan sebagai
dalil bait tersebut sekaligus mengetahui siapa saja yang mengucapkan sya’ir
itu. Beliau menguasai juga qira’ah sab’ah, kokoh dalam qaedah-qaedah bahasa
Arab ditambah kecerdasan yang tajam dan tabiat yang kuat dalam adab dan akhlak
yang baik.
Syaikh Ahli hadits ini
pun berkelana ke Mesir dan Hijaz, menemui para pembesar-pembesarnya, serta
mengimami manusia di tanah Haram Makkah. Di sanalah beliau terkesan dengan
gerakan pembaharuan yang sedang berlangsung di Mekkah dan Hijaz. Setelahnya
beliau kembali ke Negerinya Maghrib yang para penguasa di sana membesarkan
beliau. Beliau berdakwah menyeru kepada beramal dengan hadits dengan tetap
menghormati mazhab Maliki dengan tanpa ta’ashub (fanatik buta) kepada mazhab
ini. Dalam masalah aqidah beliau menyeru kepada manhaj Salaf dan menolak
mazhabnya kaum mutakallimin, menyeru kepada jalan Sunnah, menolak bid’ah,
menyerang jalan-jalan kaum shufi dengan keras bahkan menganggap bodoh
syi’ar-syiar mereka.
Hingga manusia pun
berhadap kepadanya, menjadi muridnya, bahkan mereka menganggap Syaikh yang kuat
hafalannya ini sebagai mujaddid Islam di masanya di Negeri Mahgrib yang tinggi
itu. Seorang Imam besar dalam keilmuannya dan melimpah ruahnya pelajaran yang
dia berikan, hingga di kenal mempunyai banyak murid dan pengikut.
Syaikh Abu Syu’aib
Ad-dakkaly ini meninggalkan di belakang beliau banyak sekali pengikut yang
menjadi ulama, terutama mereka-mereka yang bertekun di Ribath Al-Fath. Beliau
mengajarkan semua kitab Sunnah yang enam serta sejumlah besar kitab-kitab adab
dan tafsir Al-Qur’an yang disela-sela semua itu beliau melontarkan gagasan
pembaharuannya.
Di antara
murid-muridnya yang masyhur serta mendukung gagasan-gagasan pembaharuannya,
ikut tegak memerangi tasawuf dan semua ragam kebid’ahannya sepeninggal beliau,
yaitu : Syaikh Muhammad Hasan Al-Hajawy, Al-Hafidz Muhammad Al-Madany bin
Al-Ghazy al-’ilmy, Al-Qadhi Al-Imam Muhammad bin Abdussalam As-Saaih
Ar-Ribaathy, Al-Qadhi Abdul Hafidz bin Thahir Al-Faasy Al-Fihry, dan
Al-’Allamah Asy-syariif Muhammad bin Al-’araby al-’alawy.
Sekilas tentang dakwah
murid-murid Syaikh Muhaddits Abu Syu’aib :
Syaikh Muhammad bin
Al-hasan Al-Hajawy, yang dengan dakwah pemurniannya serta menyeru kepada
jalannya Salaf, meninggalkan kejumudan yang membeku. Beliau menyusun sebuah
kitab yang berharga sekali, di antaranya kitab Al-Fikrus Saamy Fie Tarikh
Al-fikh Al-islamy. Beliau menyeru kepada aqidah Salaf, meninggalkan ta’wil
dalam masalah sifat, memerangi kaum sufi pada syiar mereka berupa tarekat dan
ghuluw pada para sholihin. Beliau menyeru kepada pembaharuan Fikih Islam dengan
kembali kepada sumber asalnya yang jernih. Beliau wafat tahun 1376 H.
Al-Hafidz Muhammad
Al-Madany bin Al-ghazy Al-’ilmy. Beliau ini adalah tahi lalat (pesona) yang ada
di ”dahi masa” saat itu. Beliau mempunyai kitab berupa Syarah (penjelasan)
terhadap kitab ”Al-Mukhtashar” tapi tidak selesai, Syarah terhadap kitab
Al-Mursyid Al-Mu’in beserta dalil-dalinya. Selain itu beliau mengajarkan kitab
”Zaadul Ma’aad” karya Ibnul Qayyim di Jami’ As-Sunnah di Ribath. Adapula Syarah
beliau untuk kitab Nashihatu Ahli Islam karya Syaikh Ja’far Al-Kattany dalam 4
jilid. Dan adalah Syaikh Al-Madany ini mempunyai jangkauan yang luas dalam
masalah hadits dan adab. Beliau wafat tahun 1378 H.
Al-Qadhi Muhammad Bin
Abdussalam As-saaih Ar-ribaathy, seorang yang mempuanyai jangkauan luas dalam
berbagai bidang ilmu. Beliau ini sebagaimana Gurunya Syaikh Syu’aib dalam
dakwahnya menyeru kepada Sunnah dan melempar jauh kebid’ahan. Wafat tahun 1368
H.
Al-Qadhi Abdul Hafidz
bin Thohir Al-Fihry, seseorang yang mempunyai banyak karya tulis tentang
taraajum (biografi perawi hadits) dan isnaad (mata rantai hadits). Beliau pun
berdakwah di antara aktivitas beliau menyeru kepada jalannya Salaf, menjauhi
kebid’ahan dan segala khurafat.
Al-‘allamah Asy-syarief
Muhammad bin Al-Araby Al-Alawy, beliau termasuk yang paling masyhur di antara
yang dekat dengan Syaikh Abu Syu’aib Ad-dakkaly, pembawa bendera beliau
sepeninggalnya-Rahimahulloh-. Manakala Sulthan Muhammad bin Yusuf di asingkan
tahun 1373 H. Lalu dibai’atlah anak pamannya Muhammad bin Arafah, maka Syaikh
Alawy ini menentang hal ini dengan penentangan yang besar serta memfatwakan
bolehnya membunuh mereka yang merebut kekuasaan ini. Hingga mereka yang
membolehkan hal ini menampakkan penentangannya lalu mengasingkan beliau ke
Shahraa. Hingga banyak ujian menimpa beliau. Akan tetapi manusia berkumpul di
sekeliling beliau sepeninggal Gurunya, Syaikh Abu Syu’aib Ad-Dakkaly. Mereka
menjadikan Syaikh Alawy sebagai Syaikhul Islam di Negeri Maghrib. Adalah Syaikh
Ibnul ‘Araby Al-‘alawy ini penentangannya terhadap tasawuf lebih keras
dibanding Gurunya Syaikh Ad-Dakkaly. Setelah Negeri Maghrib merdeka beliau
menjauh tidak jauh dari sana disebabkan apa yang beliau lihat berupa
penyimpangan hukum dari syariat Islam, hingga Akhirnya beliau wafat tahun 1384
H. Beliau sama sekali tak meninggalkan suatu karya tulis.
Demikian sekilas lintas
tentang Muhaddist dari Maghrib Syaikh Abu Syu’aib Ad-dakkaly dengan murid-murid
utamanya-Rahimahulloh-, dan adakah yang ingin menyusul jejak langkah beliau dan
murid-muridnya itu ?
Demikian, semoga
bermanfaat.
Penulis: Akhi Habibi Ihsan
0 komentar:
Jangan lupa tinggalkan komentar anda disini dan gunakan kata-kata yang baik dalam berkomentar
dan saya menolak debat kusir
terima kasih